Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mudah Cara Memasang Closet Jongkok American Standard Gak Perlu Panggil Tukang.

 closet Jongkok saat ini masih digunakan oleh banyak orang, meskipun modelnya sedikit kuno, tapi tak dipungkiri bahwa closet jongkok masih menjadi closet favorit kebanyakan orang indonesia. 




berdasarkan penelitian dan menurut para medis closet jongkok memiliki kelebihan dari tinjau kesehatannya dibandingkan closet duduk. 

 jika saat ini anda mau merencanakan renovasi rumah atau renovasi kamar mandi dengan pilihan closet jongkok berikut ini dia langkah-langkahnya simak sampai habis ya! 


Cara Memasang Closet Jongkok 


Cara Memasang closet jongkok terdiri dari beberapa tahap, ikuti langkah-langkahnya agar mendapatkan hasil yang maksimal.


  1. Tentukan Dimensi Dan Posisi Ruangan Untuk Tempat Meletakkan Kloset Jongkok. 


pada umumnya, panjang dan lebar ruangan closet jongkok setidaknya 70cmx70cm, jika kurang dari itu closet jongkok jadi kurang nyaman, Terutama jika pemakainya memiliki ukuran tubuh yang besar.


  1. Tentukan Level Ketinggian Kloset Jongkok

Setelah ruangan tempat kloset sudah pasti, kemudian tentukan level ketinggian kloset jongkok terhadap lantai. Kloset jongkok biasanya dipasang lebih tinggi dari lantai, kira-kira 15-20cm.


  1. Siapkan Saluran Pembuangan 


saluran pembuangan untuk closet menggunakan pipa PVC Berukuran 4


  1. Tentukan Posisi lubang Pembuangan 


Posisi lubang pembuangan menyesuaikan dengan model kloset jongkok yang akan dipasang dan juga ukuran ruangan tempat kloset jongkok tersebut dipasang. Lubang pembuangan ini terhubung dengan saluran pembuangan kotoran ke septic tank.

Jika lebar ruangan kloset 70 cm, maka posisi lubang pembuangan terhadap dinding samping adalah berada di tengahnya, yaitu pada jarak 35 cm.

Jika ruangan untuk kloset jongkok cukup besar, kita bisa lebih bebas meletakkan kloset jongkok. Namun tetap upayakan memiliki jarak minimum 35cm terhadap dinding samping.

Posisi lubang pembuangan terhadap dinding belakang menyesuaikan dengan model kloset jongkok. Kira-kira as lubang berjarak 35-40 cm dari dinding belakang.

  1. Pembuatan Dinding Penahan Closet Jongkok 

Setelah membuat posisi lubang pembuangan, kemudian lakukan pembuatan dinding penahan closet jongkok. dinding tersebut bisa dibuat dari bata dan batako . dinding ini dipasang mengelilingi closet, dengan level ketinggian sesuai dengan yang sudah di tentukan dari awal 

  1. Pemasangan Plesteran Dinding 

Setelah membuat dinding penahan closet, kemudian lapisi permukaan dinding bata dengan plesteran. plesteran ini harus cukup kuat dan rapi untuk dapat mencegah air dan kotoran di lantai kamar mandi 

  1. Pemasangan Closet Jongkok 

Setelah diplester, pasang kloset jongkok pada tempatnya. Jangan tunda sampai plesteran kering agar pemasangan kloset bisa lebih fleksibel. Pastikan kloset terpasang rata. Uji kerataan level kloset dengan menggunakan waterpass. Tunggu beberapa hari hingga kering betul.

  1. Pemasangan Keramik 

Jika pasangan kloset jongkok sudah kering betul, maka tiba saatnya untuk pemasangan keramik. Pemasangan keramik dapat dilakukan hanya jika semua instalasi air bersih dan instalasi pembuangan sudah selesai dikerjakan dan telah teruji. Jika masih terdapat kebocoran, tunda pemasangan keramik hingga masalah kebocoran telah teratasi.

Pasang keramik dinding kamar mandi terlebih dahulu, setelah itu baru pasang keramik lantai.

Demikian tahapan pemasangan kloset jongkok yang benar. Semoga tips ini bisa berguna dan bisa dijadikan referensi untuk pemasangan kloset jongkok di rumah