Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tak Perlu Nunggu Suami, Begini Cara Memperbaiki Mesin Cuci yang Bocor

Pernah mengalami, mesin cuci terus mengalirkan air padahal kenop sudah diatur menutup pembuangan? Aku sih sering!

 

Entah faktor mesin cucinya kelas menengah bawah, atau memang sedang dapat rezeki proyek tambahan. Sempat cari-cari artikel tentang cara memperbaiki mesin cuci yang bocor di Google. Hasilnya kurang memuaskan. Karena terganggu notifikasi macam-macam aplikasi, mau nyuci malah jadi bertele-tele.


Alhasil bongkar-bongkar sendiri, bermodal ilmu sotoy. Sebab mau mengadu ke suami, orangnya suka ke mana-mana (bukan tukang ngelayap, tapi memang tugasnya begitu). Atau kebiasaan bapak-bapak, diminta tolong sekarang jawabnya nanti, dikerjakannya abis pemilu.


Yang paling gampang sih, panggil tukang servis. Tapi sebagai emak-emak introvert, aku agak malas didatangi orang. Apalagi laki-laki.

 

back to the topic nah, Mesin cuci yang airnya tidak bisa ditutup sangat sering terjadi. Bisa dibilang mesin cuci bocor, Akibatnya, saat mesin cuci diisi air keluar terus meskipun kran pada panel sudah ditutup. Pada kasus yang ringan air yang keluar hanya sedikit tapi lama-lama air dalam bak cuci akan habis. Jika dipaksa untuk mencuci akan percuma karena air sabun akan terbuang sia-sia.

 

Kerusakan semacam ini sangat ringan dan mudah untuk diperbaiki. Anda bisa memperbaikinya sendiri walaupun anda bukan ahli dibidangnya. Yuk simak tutorial berikut ini

Langkah-langkah memperbaiki mesin cuci yang bocor/rembes

  • Kosongkan mesin cuci, supaya mudah digeser untuk melihat bagian belakangnya.

  • Siapkan obeng yang sesuai dengan sekrup pada bagian belakang mesin cuci. Tidak disarankan pakai pisau, gunting, apalagi pakai perasaan.

  • Obeng yang gak sesuai biasanya malah merusak sekrup. Di kesempatan lain, kamu bakal kesulitan untuk membuatnya lagi. Kepala sekrup mungkin aus, jadi makin susah diputar.

  • Jangan lupa cabut dulu kabel power dari stop kontak, ya!

  • Setelah penutup dibuka, akan nampak bagian dalam mesin cuci mu yang lebih kurang begini.

  • Buka tutup yang bertali itu perlahan, kalau terburu-buru bisa lompat dan pengaitnya lepas. Nambah kerjaan baru! Membuka apapun, arahnya jelas ke kiri. Ingat, pelan-pelan. Tarik tutupnya ke atas juga perlahan.

 

Nah yang di foto di bawah ini adalah saluran pembuangan, baik dari tabung pencuci maupun pengering. Nanti akan kamu temukan koin, peniti, atau benda apa saja yang mengganjal, yang membuat saluran tidak tertutup walaupun kenop nya (tombol di mesin cuci) diputar ke arah menutup. Itulah yang membuat air terus mengalir dan terbuang sia-sia.

 

 

 

 

Jangan buang air dulu kalau saluran belum ditutup, bisa melimpah dan mengenai mesin. Kalau sudah begitu, masalah akan jadi lebih besar. 


Selebihnya gampang kan ya. Tinggal kamu tutup kembali bagian belakang mesin cuci. Sekrup wajib dipakaikan lagi, dikunci seperti semula. Sebab jika tidak, tanpa kamu sadari bisa copot sendiri dan khawatir terkena air.



nah itu dia tadi tips nya ya buat ibu-ibu di rumah, mudah bukan? jadi, tidak usah tunggu suami dulu atau pnggil tukang servis, semoga bermanfaat ya jangan lupa share artikel ini ke teman/ kerabat kamu ya selamat mencoba.