Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Punya Triplek Di Rumah ? Dibikin Pintu Geser Sederhana Saja Untuk Pintu/ Lemari Anda.

 Bagi Anda yang ingin membuat sesuatu yang beda di rumah, maka cara membuat pintu geser dari triplek sederhana ini bisa dicoba. Lemari pakaian ataupun lemari lainnya akan bisa terlihat rapi jika ditutup dengan pintu yang bagus. Untuk bisa semakin menghemat tempat, pintu geser bisa menjadi pilihan yang bagus. Anda bisa menggunakan triplek yang memiliki harga terjangkau sebagai bahan dasar dari pintu ini. Berbagai alat dan bahan lainnya juga bisa dengan mudah ditemukan di berbagai toko bangunan. Jika Anda benar-benar ingin membuat pintu yang satu ini, mungkin informasi di bawah ini akan sangat berguna.




 Inilah Cara Membuat Pintu Geser dari Triplek Sederhana

Tambahkan privasi dan gaya ke ruangan atau lemari Anda dengan pintu geser gantung yang ramping ini. Jenis pintu ini tidak memerlukan track bawah, tetapi Anda memerlukan soffit pada bagian atas untuk memasang track agar pintu dapat digeser dengan lancar.

 

Bahan dan alat

  • Kayu 2x6

  • Kayu 2x4

  • Triplek

  • Wood stain

  • Perangkat keras pintu gantung (trek, rol/plat)

  • Sekrup

  • Cat

  • Level

  • Gergaji meja/gergaji tangan

  • Bor

  • Kuas

  • Palu 

  • Kuas
     

Langkah Pembuatan Pintu Geser dari Triplek

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

 1 Siapkan alas untuk atap lemari

Jika Anda tidak memiliki soffit di lemari kamar Anda untuk menggantung pintu, maka solusinya adalah dengan membuatnya. Hubungkan dua 2 x 6 dengan panjang yang Anda butuhkan. Untuk memasangnya ke dinding Anda, bor skrup 10 cm kira-kira setiap 20 cm di sepanjang tepi dan letakkan sekrup dengan longgar di dalam lubang. Posisikan soffit ke atas pintu Anda, pastikan itu rata, lalu kencangkan. Cat sesuai keinginan Anda.

 

2. Siapkan kusen pintu

Potong empat kayu 2x  4 untuk kusen pintu dan pasang setiap sudut ke sudut 45 derajat. Ukur sesuai pintu Anda nantinya.

 

3. Buat potongan dado

Dengan pisau dado di gergaji meja Anda, buat potongan dado di sepanjang tepi bingkai Anda sehingga ketebalannya sama dengan triplek. Anda juga bisa langsung memasang triplek tanpa perlu membuat potongan ini.

 

4. Berikan cat kayu

Berikan wood stain atau cat kayu pada bingkai pintu Anda. Potong triplek ke ketinggian yang tepat untuk pintu Anda menggunakan gergaji.

 

5. Pasang triplek ke bingkai

Geser salah satu dari dua potongan pembingkaian vertikal ke tempatnya setelah Anda memasang triplek ke bingkai. Ketuk dengan hati-hati dengan palu agar lebih pas.Geser potongan bingkai bawah ke tempatnya, lalu letakkan lem kayu di sudut yang bertemu dengan potongan bingkai pertama. Rekatkan dan jepit bersama. Lanjutkan proses ini untuk sisa pembingkaian.

 

6. Buatlah lubang untuk menghubungkan bingkai

Bor dua lubang di sepanjang bagian bawah dan atas masing-masing dari empat sudut. Mulailah dengan lubang kecil, lalu mulai bor lebih dalam. Masukkan skrup 10 cm dengan bit countersink untuk menghubungkan bingkai.

 

7. Finishing

Pasang bagian pertama trek di bagian bawah soffit dengan sekrup. Tempatkan set rol pertama ke trek dan kemudian pasang bagian kedua trek. Pastikan sambungan di antara kedua potongan trek rata. Pasang plat ke bagian atas pintu kira-kira 8 cm dari setiap tepi. Pasang plat di dalam rol yang sudah terpasang di trek. Setelah terpasang, kencangkan bautnya agar bisa pas. Setelah itu coba geserkan pintu Anda. Berikan sedikit pelumas apabila pintu sedikit macet. Anda juga bisa mendekorasi triplek terlebih dahulu sebelum memasangnya.

 

Itulah informasi cara membuat pintu geser dari triplek sederhana yang bisa berguna untuk Anda, semoga artikel ini bisa membantu anda dan jangan lupa share artikel ini ke teman/sahabat/keluarga ya.