Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Penyebab Gas Tersumbat, Dan Cara Mengatasi.

 Kompor gas tersumbat bisa menjadi masalah yang serius jika tidak segera ditangani. Pasalnya, akibat sumbatan tersebut menyebabkan kompor gas tidak menyala.



 

Terlebih jika ini terjadi saat kita ingin memasak makanan untuk keluarga tercinta. Sehingga, tak sedikit ibu rumah tangga yang kesal dibuatnya, karena proses memasak yang tersendat.

Lalu, apa sih penyebab kompor gas tersumbat?. Sebenarnya ini bisa sebabkan oleh banyak faktor. Beberapa diantaranya akan coba kami jabarkan di artikel ini.

Sehingga, pastikan Anda membacanya hingga selesai. Karena, juga akan kami sampaikan bagaimana cara mengatasinya, yang tentunya bisa Anda lakukan sendiri.

 

Penyebab kompor gas tersumbat dan solusinya

Berikut ini beberapa faktor yang sebabkan kompor gas tersumbat dan membuatnya tidak mau nyala.

a. Masalah di bagian regulator

Regulator memiliki peran penting pada sebuah kompor gas. Di mana dengan alat ini gas dari tabung LPG dapat mengalir melalui selang, kemudian ke bagian spuyer.

Pemasangan regulator yang salah mengakibatkan sumbatan, sehingga gas tidak bisa keluar. Seal yang sudah keras juga bisa menyebabkan sumbatan yang tak terhindarkan.

Kualitas regulator yang buruk juga sering mengalami kerusakan lebih awal. Sehingga pastikan Anda memilih regulator yang bagus.

Lebih baik lagi jika Anda memilih regulator yang sudah dilengkapi parameter di atasnya. Sehingga dapat diketahui dengan mudah apakah regulator sudah terpasang dengan benar atau tidak.

Selain itu, parameter tersebut bisa menjadi acuan atau untuk mengukur apakah gas masih ada atau habis.

  • Cara memperbaiki regulator yang tersumbat

Silahkan Anda lepas regulator tersebut, kemudian periksa bagian lubangnya dan pastikan tidak ada kotoran di dalamnya.

Lalu, periksa juga bagian seal yang ada di mulut tabung LPG. Pastikan kondisi seal masih cukup lentur dan tidak keras.

Jika semua dipastikan tidak ada masalah, silahkan pasang kembali. Pastikan tidak ada suara mendesis, yang berarti ada kebocoran gas.

..dan, apabila Anda sudah yakin tidak ada yang salah dalam pemasangannya, namun gas tetap tidak mau keluar, kemungkinan regulator sudah rusak.

Dalam hal ini, Anda bisa menggantinya dengan regulator yang baru. Akan lebih baik jika Anda menambahkan pengaman di atasnya yang bisa memberi tekanan.

Sehingga regulator akan terpasang secara sempurna, dan juga untuk menghindari kebocoran gas.

 

b. Masalah pada spuyer

Spuyer memiliki peran penting, karena gas dari tabung akan keluar melalui komponen ini, lalu tersalurkan ke bagian burner.

Kemudian berubah menjadi api dengan bantuan pemantik. Jika spuyer ini tersumbat, sudah pasti kompor gas tidak bisa digunakan.

 

Umumnya, masalah yang terjadi lubang spuyer tersumbat oleh kotoran. Sehingga, Anda perlu membersihkannya agar gas bisa lancar kembali.

  • Tips membersihkan spuyer kompor gas

Untuk membersihkannya Anda perlu memberikan kompor gas. Namun, jika terdapat cover yang menutupnya, tentu Anda harus membukanya terlebih dulu.

Kemudian bersihkan spuyer menggunakan kompresor angin atau blower, khususnya pada bagian lubangnya.

Lubang spuyer ini sangat kecil, sehingga rawan sekali tersumbat kotoran. Namun, Anda bisa menggunakan jarum kecil untuk membersihkan sumbatan tersebut.

c. Kondisi burner kotor

Burner ini berbentuk lingkaran dengan lubang kecil pada bagian pinggirnya. Fungsi lubang tersebut untuk mengeluarkan api.

Kondisi burner yang kotor sering kali menyebabkan kompor gas tersumbat. Dan ini terjadi pada kompor gas yang tidak terjaga kebersihannya.

Sehingga, untuk menghindari hal ini tentunya Anda harus lebih rajin untuk membersihkan kompor gas kesayangan Anda.

Anda bisa langsung membersihkannya setiap selesai memasak, agar sisa-sisa minyak tidak menempel lebih lama.

Atau, jika Anda tidak ada cukup waktu, Anda bisa membersihkannya setiap seminggu sekali. Selain itu, Anda juga bisa meminta bantuan teknisi profesional.

Karena, selain menyebabkan sumbatan, dampak burner yang kotor mengakibatkan api kompor gas berwarna merah.

Apabila Anda berniat untuk membersihkan burner kompor gas sendiri, berikut kiat-kiat yang bisa Anda coba.

Langkah-langkah membersihkan burner kompor gas

  • Peralatan yang dibutuhkan: sikat, sabun pembersih noda, dan amplas halus.

  • Lepaskan burner kompor gas.

  • Silahkan Anda cuci menggunakan air dan sabun yang sudah Anda siapkan.

  • Gunakan sikat untuk noda minyak, juga silahkan gosok menggunakan amplas untuk noda yang membandel jika diperlukan.

  • Jika sudah selesai, silahkan lap menggunakan kain kering dan pastikan sisa-sisa air benar-benar sudah bersih.

  • Terakhir, silahkan pasang kembali burner ke bagian kompor gas seperti sebelumnya.

d. Sumbatan ada di selang gas

Selang gas ini memiliki peran untuk mengalirkan gas dari tabung ke bagian kompor. Sumbatan biasanya terjadi karena kondisi selang yang sudah rusak.

Untuk cara mengatasinya Anda bisa mengganti selang tersebut dengan yang baru. Agar lebih awet, disarankan menambahkan pengaman di bagian luar selang gas.

Itulah sedikit tips cara mengatasi kompor gas tersumbat. Sedangkan jika ada masalah yang serius tentu perlu pemeriksaan secara langsung.

Anda juga bisa meninggalkan komentar di bawah, jika ada yang ingin Anda tanyakan.