Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Memperlambat Putaran Meteran Air PDAM

 Water meter adalah alat ukur untuk mendeteksi serta menghitung debit air dan volume air yang telah mengalir lewat flow meter. Jenis alat ukur water meter atau meter air ini banyak ditemukan di rumah dan apartemen yang menggunakan air pdam.



Meteran air ini biasanya digunakan untuk konfirmasi jumlah pemakain air, sebagai dasar jumlah pembayaran ke pengelola atau pdam setiap bulan. Meteran air pdam ini sebelum dipasang biasanya telah dikalibrasi oleh badan kalibrasi resmi dan disegel sebagai bukti sudah di tera.

Tujuan dari terra ini sebagai hasil konfirmasi badan resmi pemerintah, sebagai alat ukur yang telah dikalibrasi. Dimana hasil kalibrasi biasanya memberikan pengesahan akan penghitungan volume air yang melewati water meter, untuk digunakan sebagai nilai transaksi pemakain banyaknya volume air.

Namun demikian, karena umur pemakain yang berakibat munculnya kerak, lumut dan sebagainya menyebabkan kinerja meteran air menurun. Penurunan kinerja water meter pdam ini berakibat pada akurasi yang tidak sesuai dengan yang disyaratkan ( biasanya 2%). 

Karena akurasi meteran air yang tidak sesuai sehingga menyebabkan kerugian baik pelanggan air minum maupun operator pdam, maka water meter perlu dikalibrasi ulang. Istilah lainya di tera ulang dan meteran air disegel.

Yang perlu diketahui segel pada water meter yang diberikan departemen metrology tidak boleh rusak atau putus jika ini terjadi maka meteran air pdam tersebut wajib dilakukan tera ulang. Seperti juga pada meteran listrik yang disegel.

Perusakan segel pada meteran air secara sengaja akan berakibat PDAM tidak mempercayai hasil pengukuran dan sanksi teringan adalah aliran air anda akan diputus dengan mencabut water meter oleh PDAM.

Pertanyaan yang sering muncul adalah :

“Bagaimana cara mengakali meteran air?”

“Bagaimana cara memperlambat putaran jarum meteran air?”

” Tips memperlambat putaran meteran air.”

” Bagaimana Cara hack atau membobol meteran air dengan benang ?”

Jika Pertanyaan dan cara ini muncul dari benak anda,  mohon STOP dan jangan coba2 diteruskan dengan aksi mengutak atik water meter tersebut. Resikonya ngeri deh! 

Karena Water meter atau meteran air yang dipasang di apartemen atau rumah anda adalah milik PDAM yang dipinjamkan pada pelanggan oleh PDAM.

dan anda bisa digolongkan curang, bohong, dan melakukan pencurian air.

Karena anda tidak punya legal standing untuk melakukan kalibrasi water meter.

dan hanya badan resmi yang ditunjuk pemerintah yang boleh melakukan kalibrasi dan tera water flow meter.

NOTED: Anda Pasti Tahu akibatnya jika  anda digolongkan Merusak meteran air yang merupakan milik PDAM dan anda bisa diasumsikan sudah atau berencana mencuri..?!