Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Penyebab Error Saat Berkomunikasi Dengan Server Google Dan Cara Mengatasinya.





  Cara Mengatasi pesan Error "Terjadi Masalah Saat Berkomunikasi dengan Server Google". Tanpa anda sadari, saat ini kita tidak bisa melepaskan diri begitu saja dari banyaknya kegunaan Google dalam kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari email, aplikasi, game dan hal lainnya kebanyakan sudah terhubung dengan Google.

Nah, dengan mengkoneksikan akun Google pada Android merupakan cara yang baik agar anda bisa mendapatkan notifikasi penting dari email dan aplikasi terkait lainnya. 

Namun, rata-rata pengguna biasanya mendapatkan masalah dengan pesan “Terjadi masalah saat berkomunikasi dengan server Google” ketika mencoba menambahkan akun Google ke Smartphone mereka.

Lalu bagaimana solusinya atau cara mengatasi pesan terjadi masalah saat berkomunikasi dengan server Google? Karena biasanya disebabkan banyak faktor seperti koneksi, dan cache yang bermasalah.

Adapun penyebab lebih lanjutnya bisa anda lihat di bawah. Berikut adalah penyebab error “Terjadi Masalah Saat Berkomunikasi Dengan Server Google” :

  • Cache yang Bermasalah. Cache yang disimpan di perangkat anda untuk membuat aplikasi bekerja lebih cepat. Hanya saja, file cache ini dapat rusak sehingga membuat aplikasi menjadi error. Solusi yang dapat anda lakukan adalah dengan menghapus cache pada aplikasi.

  • Host File Error. File host berada di sistem yang memiliki beberapa informasi mengenai konfigurasi ponsel anda. Host File juga menjadi salah satu penyebab error saat menambahkan akun Google. Anda hanya perlu mengubah isi file Host dan kemungkinan besar masalah akan teratasi.  

  • Autentikasi Dua Faktor. Autentikasi dua faktor adalah salah satu fitur yang dapat mencegah pengguna lain masuk ke akun anda. Fitur ini akan menghentikan proses login bagi perangkat yang tidak dikenal kemudian akan meminta proses autentikasi kedua pada akun. Dengan adanya fitur ini, tidak jarang menyebabkan masalah saat membuat koneksi menggunakan akun anda. Hal ini juga sangat umum terjadi terutama ketika ingin menambahkan akun ke aplikasi lain seperti Outlook. Solusinya anda bisa menonaktifkan verifikasi 2 langkah ini.

Cara Mengatasi Error “Terjadi Masalah Saat Berkomunikasi Dengan Server Google”

1. Restart HP

Cara mengatasi terjadi masalah saat berkomunikasi dengan server Google yang pertama yaitu dengan me-restart HP. Memulai ulang ponsel terbukti dapat mengatasi berbagai macam masalah yang ada, sehingga banyak yang menyarankan untuk me-reboot / me-restart HP terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan yang lain.

Ketika HP anda sudah berhasil di-reset, silahkan anda coba tambahkan akun Google dan lihat apakah masalah dapat diatasi atau tidak. Jika tidak, silakan anda coba cara selanjutnya di bawah.

2. Hapus Akun Google yang Terdaftar

Cara mengatasi terjadi masalah saat berkomunikasi dengan server Google yang kedua yaitu anda bisa mencoba menghapus semua akun Google anda yang terpasang pada HP anda kemudian menambahkannya kembali. Silakan ikuti caranya di bawah :

  1. Masuk ke Pengaturan / Settings.

  2. Pilih Google Account.

  3. Klik pada titik tiga yang terdapat di bagian pojok kanan atas.

  4. Pilih Remove Account untuk menghapus akun yang dipilih.

Note: Biasanya caranya sedikit berbeda untuk setiap vendor dan versi Android, namun langkah-langkahnya tidak berbeda jauh dengan yang dijelaskan di atas.

 3. Matikan Autentikasi Dua Faktor

Cara mengatasi terjadi masalah saat berkomunikasi dengan server Google yang ketiga yaitu dengan menonaktifkan autentikasi 2 faktor. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, otentikasi dua faktor / langkah ini bisa menjadi penyebab error muncul saat ingin mengkoneksikan akun Google. Dalam hal ini, anda perlu menonaktifkannya terlebih dahulu. Silakan ikuti caranya di bawah :

  1. Silakan buka Browser >> klik pada profil akun Google Anda >> Kelola Akun Google.

  2. Pada menu yang terdapat di sebelah kiri, anda pilih Keamanan.

  3. Kemudian, pada bagian Verifikasi 2 langkah, anda harus masuk terlebih dahulu lalu pilih Nonaktif.

  4. Sekarang anda perlu menghapus cache pada aplikasi Google Account Manager yang bisa anda ikuti caranya pada tahap selanjutnya di bawah ini.

4. Hapus Cache Pada Aplikasi Google Account Manager

Setelah menonaktifkan verifikasi 2 langkah, cara yang bisa dilakukan ketika terjadi masalah saat berkomunikasi dengan server Google yaitu anda harus menghapus juga cache akun anda agar tidak ada pengaturan yang tersisa pada ponsel. Silakan ikuti caranya di bawah :

  1. Buka Pengaturan / Settings pada HP Anda.

  2. Geser ke bawah sampai anda menemukan menu Aplikasi / Apps.

  3. Kemudian, silahkan cari aplikasi yang bernama Google Account Manager. (Pada beberapa ponsel biasanya Google Account Manager ini terdapat pada tab aplikasi berjalan, sehingga anda perlu memindahkan dari tab aplikasi terinstal ke aplikasi berjalan. Jika masih tidak ada, anda hanya perlu menghapus cache aplikasi Google yang lain seperti Google Play Services. Disarankan untuk menghapus semua data yang ada namun dengan proses backup terlebih dahulu).

  4. Pada aplikasi Google, silakan klik Clear Cache dan Clear Data.

Lakukan hal yang sama pada Google Play Store, Google Play Services, dan Google Services Framework. Untuk Google Services Framework, tidak semua ponsel Android memilikinya.

 5. Install Ulang Google Play Services

Cara mengatasi terjadi masalah saat berkomunikasi dengan server Google yang kelima yaitu dengan menginstall ulang Google Play Services, karena terkadang corrupt sehingga menyebabkan pesan error saat berkomunikasi dengan server Google muncul.

  1. Pergi ke Pengaturan / Settings >> Keamanan >> Aktifkan Unknown Sources.

  2. Buka situs apkpure.com / apkmirror.com lalu cari aplikasi Google Play Services.

  3. Unduh aplikasinya yang sesuai dengan versi Android yang sedang digunakan. Biasanya sudah dijelaskan aplikasi yang didownload mendukung Android versi berapa.

  4. Ketika file berhasil Anda download, install Google Play Services pada HP anda kemudian daftarkan akun Google pada ponsel anda kembali. 

6. Mengubah Setelan Tanggal menjadi otomatis

Cara mengatasi terjadi masalah saat berkomunikasi dengan server Google yang keenam yaitu dengan mengubah setelan tanggal menjadi otomatis. Caranya yaitu masuk ke Pengaturan / Settings >> Tanggal & waktu >> silahkan centang Tanggal & waktu otomatis, Zona waktu otomatis.

7. Reset HP

Cara ini dilakukan jika sudah mencoba cara-cara diatas tetapi masih gagal juga. Dengan Hard Reset, smartphone akan kembali ke pengaturan awal seperti semula, semua data yang ada pada memori internal akan dihapus secara permanen. Jadi, pastikan sebelum melakukan reset, anda sudah membackup semua data dengan aman.

8. Update File Host (Hanya Untuk HP yang Sudah di-Root)

Pastikan anda hanya menggunakan cara ini untuk HP yang sudah di-root saja, jika anda tidak yakin silahkan lewat cara ini karena dapat berakibat fatal pada ponsel anda.

  1. Pastikan HP anda mendukung penginstalan aplikasi dari sumber yang tidak dikenal. Silakan lihat kembali pada langkah pertama di metode ke-5 di atas.

  2. Buka situs apkpure.com / apkmirror.com kemudian download dan install aplikasi yang bernama ES File Explorer.

  3. Kemudian buka aplikasi ES File Explorer.

  4. Klik pada garis tiga yang terdapat di pojok kiri atas.

  5. Pilih Tools >> aktifkan Root Explorer.

  6. Selanjutnya silahkan pilih Local >> Device >> pilih folder System >> etc.

  7. Pada folder etc biasanya terdapat file yang bernama hosts, buka file hosts tersebut menggunakan ES Note Editor.

  8. Hapus semua isi file hosts lalu ketikkan 127.0.0.1 localhost.

  9. Kembali ke halaman sebelumnya dan nanti akan muncul pesan mengenai penyimpanan file, silahkan pilih Ya.

  10. Terakhir tambahkan kembali akun Google Anda dan seharusnya masalah berhasil teratasi.

Demikian, itulah penjelasan tentang penyebab gagal berkomunikasi dengan server google dan cara solusinya semoga artikel ini membantu kamu ya.