Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mudah! Membuat Elevator Sendiri di Rumah,Tanpa Arsitek.

 


di era digital ini semuanya serba teknologi, sekarang banyak rumah-rumah yang memakai mesin teknologi untuk memberikan kenyamanan dan sebagai hiasan dekorasi rumah. salah satunya adalah membuat elevator di rumah.

kamu pun bisa membuat elevator sendiri dengan bantuan aktuator listrik di rumah. Aktuator listrik sendiri merupakan suatu peralatan mekanis yang mampu menggerakkan sebuah benda dan dibantu oleh tenaga listrik. Perangkat ini banyak digunakan pada peralatan otomasi, sehingga tepat digunakan untuk pembuatan elevator di rumah.

Elevator berfungsi sebagai untuk perpindahan orang/barang dari satu lantai ke lantai lainnya. Ukuran elevator bervariasi, ada yang muat 2-6 orang bahkan lebih. dengan adanya elevator di rumah tentu lebih memudahkan kamu saat harus berpindah ke lantai lain tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga. Demikian juga saat kamu harus memindahkan barang bisa lebih mudah walau jumlahnya cukup banyak dan berat.

Keberadaan elevator juga penting bagi orang yang sudah tua dan kesulitan berjalan serta bagi anak-anak. Mereka akan lebih mudah menuju lantai lain tanpa harus kesusahan. Sementara bagi anak-anak, mereka tidak perlu menggunakan tangga yang bisa berbahaya jika orang tua tidak menjaganya dengan baik.

Pentingnya keberadaan elevator dalam rumah tentu membuat banyak orang ingin membuatnya secara mandiri. Lalu bagaimana cara untuk membuat elevator tersebut?

Pembuatan elevator dalam rumah tidak begitu sulit, kamu  hanya memerlukan beberapa perlengkapan saja. Untuk desain dan skema mungkin bisa menyesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan kamu. Ada banyak desain bagus yang bisa kamu temukan lewat internet. Alat-alat yang kamu butuhkan dalam membangun sebuah elevator antara lain:

  • Gergaji listrik

  • Bor listrik

  • Baut

  • Bingkai besi

  • Sekrup

  • Aktuator

 

 Langkah-langkah dalam pembuatan elevator

  1. Pertama, kamu harus mengetahui desain dan ukuran apa sesuai kebutuhan. Apakah kamu membutuhkan elevator ukuran besar sehingga bisa memuat banyak, atau elevator ukuran kecil untuk mobilitas yang lebih cepat.

  2. Persiapkan semua bahan dan peralatan, pastikan saat pembuatan elevator peralatan tersebut sudah tersedia dengan baik.

  3. Buat ukuran kerangka elevator sesuai dengan desain dan skema yang Anda butuhkan.

  4. Pembuatan elevator bisa dimulai dari bingkai. Buatlah bingkai dengan panel baja, atau kamu bahkan bisa membeli bingkai yang sudah jadi agar mempercepat proses pembuatan.

  5. Pembuatan kabin bisa menggunakan berbagai macam bahan. Buatlah sesuai selera dan kebutuhan kamu. Namun pastikan bahan-bahan tersebut kuat, kokoh, dan tahan lama sehingga memastikan keamanan saat elevator sedang digunakan.

  6. Buat jalur atau jalan untuk elevator kamu. Hal ini tentu menyesuaikan dengan jumlah lantai yang ada di rumah kamu. Jika memiliki ruang bawah tanah, kamu  juga bisa membuat jalur dari sana juga. Namun hal ini juga menyesuaikan dengan kebutuhan kamu.

  7. Buat panel kontrol.

  8. Hubungkanlah aktuator linier ke konstruksi elevator yang sudah kamu bangun. kamu  perlu membuat aktuator terhubung dengan benar, agar sistem mekanis dari elevator bisa bekerja dengan baik.

  9. Periksa perangkat, konstruksi, kontrol, dan sistem yang sudah kamu bangun hingga tidak ada kesalahan.

  10. Hubungkan ke listrik dan lakukan pengujian secara bertahap dan berkala hingga elevator bisa aman digunakan.

gimana, kamu tertarik membuat lift di dalam rumah? semoga artikel ini membantu kamu ya.