Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

CARA MEMASANG SHOWER DI KAMAR MANDI

 Pada kebanyakan orang saat ini memiliki kamar mandi yang didesain dengan menggunakan shower, karenanya penggunaan gayung yang kini sudah kurang peminatnya. Shower sendiri memang banyak memiliki manfaat dan keuntungan bagi setiap orang dibandingkan dengan alat mandi yang lainnya. Oleh karena itu mari kita simak apa saja sih keuntungan saat kita menggunakan shower ;


Keuntungan menggunakan shower pada kamar mandi



Sebagian dari anda mungkin sudah menggunakan shower di kamar mandinya, ternyata dibalik penggunaan alat sederhana tersebut ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan tanpa anda sadari. Berikut adalah beberapa keuntungannya ;

1. Anda tidak perlu lelah menggayung / menciduk air

Gayung memang sudah menjadi perabotan rumah tangga yang umum digunakan setiap orang, penggunaan gayung ini sendiri pun menjadi penyebab untuk kita menggerakkan tangan untuk menggapai air yang ada di bak mandi, karena itulah membuat tangan kita menjadi sedikit lelah dan pegal. Beda halnya ketika kita menggunakan shower, hanya memutarkan kran air langsung keluar tanpa perlu repot-repot untuk mengambil air dengan gayung.

2. Membantu menghemat air

Mengapa demikian ? Hal ini terjadi karena saat kita menggunakan shower, terhitung kira-kira anda hanya menggunakan sepertiga air bak mandi, tentu saja sangat menghemat air dan juga biaya air itu sendiri.

3. Dapat digunakan untuk mandi air hangat

Dengan menggunakan shower, anda bisa merasakan sensasi mandi dengan air hangat, hanya dengan menambahkan water heater pada instalasi shower anda, dengan menambahkan alat tersebut nanti air yang keluar akan menjadi hangat.

4. Fleksibel

Mungkin sebagian orang memiliki lahan kamar mandi yang terbilang sedikit/sempit. maka tak heran jika mereka membuat desain kamar mandi tersebut dengan desain yang minimalis. Tetapi anda tidak perlu khawatir dengan hal itu, karena dengan menggunakan shower anda tidak memerlukan ruang yang luas untuk membangun sebuah kamar mandi.

Dari beberapa keuntungan diatas mungkin sudah cukup membuat anda memiliki rasa ingin beralih dari gayung ke shower. Jika hal itu terjadi, maka ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika anda ingin memasang shower pada kamar mandi anda.

Hal yang perlu diperhatikan dari cara memasang shower pada kamar mandi
Pertama, Jika di kamar mandi anda memiliki pemanas air atau water heater, maka anda memerlukan sebuah pipa khusus yang digunakan untuk jalur keluarnya air panas menuju ke kran air, sementara itu jika anda ingin menggunakan air dingin untuk shower anda, anda bisa menggunakan pipa lain.


Kedua, Untuk cara memasang shower ini, jika anda ingin membuat opsi air panas dan air dingin, anda bisa menyiapkan kran khusus yang terpisah yang dapat digunakan untuk kedua opsi tersebut, dengan begitu pemakaian dari kran tersebut bisa digunakan secara terpisah.

Ketiga, Anda bisa memulainya dengan memasang 2 pcs stop kran. untuk hal ini ada baiknya anda menggunakan kran yang bermaterial dasar logam untuk kran air panas, sedangkan untuk yang air dinginnya anda bisa menggunakan kran yang berbahan dasar plastik.

Keempat, Selanjutnya anda bisa menyiapkan pipa fleksibel yang memiliki ukuran 35 - 45 cm, selain itu juga siapkan pipa besi berbentuk huruf T yang memiliki ukuran 12 inch dengan nipple pada ujungnya, serta siapkan juga alat-alat lainnya sepert kunci inggris, kunci pas, hingga seal tape.

Kelima, Selanjutnya, Anda bisa memulai pemasangan shower dengan cara mematikan sumber air yang ada.

Keenam, Lalu, pasanglah seal tape di ujung kran, kemudian pasang stop kran panas dan stop kran dingin

Ketujuh, Mulai pasang pipa T logam yang telah disediakan pada stop kran.

Kedelapan, Pastikan kembali untuk mengencangkan bagian nipple menggunakan kunci inggris, jangan sampai pada bagian ini mengalami kendur karena dapat membuat air merembes keluar pipa.

Kesembilan, Kemudian, Anda dapat memasangkan selang shower beserta ujung showernya.

Kesepuluh, Sebagai tambahan untuk anda jangan sampai lupa untuk menyediakan kait penggantung shower pada dinding kamar mandi anda.

Bagaimana ? Mudah bukan untuk memasang shower pada kamar mandi di rumah anda,demikian pada kesempatan kali ini, semoga pada artikel kali ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, sekian dan terima kasih….