Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Hal hal yang perlu diperhatikan sebelum anda membuka usaha Peralatan rumah tangga

 Halo semua, belakangan ini banyak orang yang mencari peluang usaha dengan keuntungan yang menjanjikan. ya, salah satu nya seperti membuka usaha peralatan rumah tangga, usaha tersebut bukan hanya memberikan keuntungan yang besar, perabotan juga merupakan salah satu produk yang banyak dibutuhkan dan di cari masyarakat sebagai alat mengerjakan berbagai aktifitas harian dirumah. Masih memikirkan cara untuk memulai usaha ini ? nah disini kita akan bahas Hal yang harus diperhatikan sebelum anda membuka usaha peralatan rumah tangga.

Konsumen ( Pembeli )

Konsumen merupakan hal utama yang perlu kita perhatikan, target pasar dalam usaha peralatan rumah tangga ini adalah ibu rumah tangga, pasangan yang baru menikah yang sangat membutuhkan peralatan rumah tangga untuk melakukan kegiatan sehari hari. Sebab alat ini akan berguna untuk memudahkan pekerjaan sehari hari para ibu dirumah.


Keterangan Produk

Sebelum kita memulai usaha peralatan rumah tangga, kita harus lebih jeli dan teliti, karena kebutuhkan konsumen terhadap peralatan rumah tangga yang terus meningkat akan sangat bagus untuk kita memulai usaha peralatan rumah tangga. Kita juga harus tau, barang apa saja yang bisa kita jual, contohnya wajan, teko, termos, sendok, garpu, piring, gelas, sapu, sikat, tempat sabun, rak piring, lemari, dan masih banyak lagi.

Umumnya ibu ibu mencari barang yang terbuat dari bahan plastik, sebab harganya tidak menguras kantong, tidak gampang rusak maupun pecah, dan juga lebih ringan dibandingkan dengan produk dengan bahan lainnya, selain berbahan plastik, ada juga peralatan rumah tangga yang terbuat dari kaca dan kayu, seng, alumunium, dan tembaga.


Pemasaran

Dalam usaha peralatan rumah tangga biasanya dipasarkan dengan membuka kios ataupun toko yang memajang langsung produk tersebut, dengan begitu dapat membantu pemasaran usaha kita, sehingga calon pembeli pun mengetahui bahwa kita sedang membuka usaha peralatan rumah tangga. Selain itu promosi juga sangat penting dalam memulai usaha kita, seperti jika ada konsumen yang ingin membeli dengan jumlah tertentu akan di berikan diskon atau potongan harga, bisa juga dengan diberikan bonus tertentu seperti beli dua gratis satu.

Jika kita ingin menentukan barang apa saja yang akan kita jual, sebaiknya kita melakukan survey ke lokasi tempat penjualan peralatan tersebut. Apakah lokasi tersebut banyak yang berdagang makanan/minuman, rumah tangga, perkantoran, ataupun kampus. Jika memang dekat dengan pedagang makanan/minuman kita menjual seperti wajan, piring, gelas, mangkuk dan peralatan lain yang dibutuhkan si pedagang tersebut. Jika dekat dengan sebuah kampus pasti banyak mahasiswa ataupun mahasiswi yang ngekos di dekat kampus tersebut maka kita menjual apa yang di butuhkannya.


Supplier

Dalam menentukan harga jual yang ingin kita berikan, kita juga harus mencari supplier barang karena ini sangat penting. Dalam mencari supplier kita juga harus mencari yang berkualitas baik dan juga harganya pun murah, kita juga bisa langsung datang ke pabrik pembuatannya atau ke tempat pengrajin produk tersebut.


Penataan Toko Selain hal diatas yang perlu kita perhatikan dalam membangun usaha peralatan rumah tangga ialah penataan toko atau kios agar konsumen bisa merasa nyaman dan mudah berbelanja di tempat kita, karena itu penataan ini sangatlah penting dengan cara kita mengelompokkan produk sesuai jenis beserta kegunaannya. Seperti produk untuk kebersihan sapu contohnya kita kelompokkan bersama alat alat kebersihan lainnya, ada lagi seperti alat alat masak, kita kelompokkan juga sesuai dengan kegunaan dan juga boleh kita tata produk produk yg kita jual sesuai dengan bahan pembuatan produk tersebut. Selanjutnya selalu menjaga kebersihan toko, agar konsumen selalu merasa nyaman saat membeli di tempat kita dan jangan lupa juga untuk selalu mencatat stok yang tersedia gunanya agar kita selalu tahu produk apa saja yang persediaannya banyak ataupun sudah menipis.


Pelayanan Konsumen

Kita sebagai seorang yang berusaha memberikan yang pelayanan serta kenyamanan kunsomen sebaiknya menyediakan karyawan yang siap melayani dengan setulus hati dan berprinsip siap membantu pembeli dengan sikap cekatan dan tangkas. Kita juga memiliki tanggung jawab melatih karyawan kita untuk mengerti tugas dan peran masing masing serta mengerti kegunaan setiap produk yang kita jual. 


Ya, sekian artikel mengenai Hal yang perlu diperhatikan sebelum membuka usaha peralatan rumah tangga diatas, semoga dapat memberikan manfaat untuk anda yang memiliki jiwa wirausawan yang tinggi, Terima Kasih...